Makalah Pemikiran tokoh-tokoh pendidikan islam indonesia kh. Ahmad dahlan dan kh. Hasyim asy’ari

Makalah Pemikiran tokoh-tokoh pendidikan islam indonesia kh. Ahmad dahlan dan kh. Hasyim asy’ari

Perkembangan kehidupan manusia dimulai dari ditemukan dan dipahaminya pengetahuan baru oleh manusia. Dalam penyebaran pengetahuan dari individu ke masyarakat sebenarnya telah terjadi proses pendidikan. Jika ditinjau dari sudut pandang ini menunjukkan bahwa sejarah pendidikan telah dimulai dari masa praaksara. Pendidikan dalam pengertian paling sederhana merupakan proses transfer budaya, yang meliputi sistem pengetahuan, bahasa, religi, mata pencaharian dan lain sebagainya. Akan tetapi pendidikan pada masa awal memililki beberapa perbedaan mendasar bila dibandingkan dengan masa selanjutnya Setiap individu memiliki hak untuk tersentuh pendidikan berdasarkan sabda Rasulullah SAW (Abu Tauhied, 1930:3): “Muliakanlah anak-anak mu dan baguskanlah pendidikan mereka.
KH. Ahmad Dahlan merupakan seorang pendiri Muhammadiyah. Organisasi Muhammadiyah memiliki tujuan menyebarluaskan ajaran Kanjeng Nabi Muhammad SAW kepada penduduk bumiputera dan memajukan hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam kepada anggota-anggotanya. Untuk mencapai tujuannya KH. Ahmad Dahlan selalu mengadakan rapat–rapat dan tabligh yang membicarakan masalah-masalah Islam serta mendirikan badan wakaf dan masjid-masjid, menerbitkan buku, brosur, surat kabar, dan majalah. Untuk pertama kali KH. Ahmad Dahlan berfikir untuk mendirikan semacam Kweekschool yang telah dimodifikasi dengan pelajaran agama dan pengetahuan umum lainnya, sekolah ini diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah merupakan organisasi reformasi Islam yang berdampak besar bagi kemajuan umat Islam di Indonesia. Reformasi yang dilakukan Muhammadiyah meliputi multidimensi, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan budaya.
Pembaruan pendidikan ini melahirkan berbagai kemajuan di berbagai bidang masyarakat Indonesia KH. Hasyim Asy’ari. Di sisi lain, masa kebangkitan Islam di Indonesia pun juga diwarnai dengan pemikiran KH. Hasyim Asy’ari yang berbeda dengan KH. Ahmad Dahlan. Bangkitnya pemikiran KH. Hasyim Asy’ari adalah menjawab dari ide pembaruan yang diungkapkan KH. Ahmad Dahlan dengan ingin tetap mempertahankan tradisionalisme, akan tetapi juga menghendaki perubahan yang lebih baik dalam pendidikan Islam Indonesia. KH. Hasyim Asy’ari berperan dalam pendidikan Islam di Indonesia untuk memperjuangkan bangsa Indonesia menuju jalan rahmatan lil’alamin. KH. Hasyim Asy’ari adalah seorang pahlawan nasional, Kyai dari Jawa Timur yang sekaligus pendiri salah satu organisasi muslim terbesar dalam bingkai Islam berhaluan Ahlussunah Wal Jamaah di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) melalui penelitian ini bertujuan untuk menguraikan relevansi pemikiran-pemikiran dari KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari yang memberikan dampak positif dalam perkembangan pendidikan terutama pendidikan Islam.

 
 

Download File Format

Word Docx …..PDF File

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *