Perkembangan kognitif anak usia Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah proses perubahan kemampuan mental anak seperti berpikir, belajar, menalar, dan berbahasa. Perkembangan kognitif anak MI masuk dalam tahap pemikiran konkret oprasional, yaitu Ketika anak terfokus pada objek-objek nyata atau pengalamannya.Struktur yang di bentuk oleh kecerdasan , pengetahuan yang sangat subjektif saat masih bayi dan masa dewasa awal. Seperti membantu anak mengamati dan menyentuh objek baru, membiarkan anak Menyusun dan merapikan barang miliknya dll.
Perkembangan kognitif berkaitan erat dengan kualitas hidup manusia dan merupakan salah satu aspek perkembangan yang muncul dan berkembang pesat ketika usia 24-72 bulan. Sebesar 50% potensi kognitif anak sudah terbentuk pada usia 4 tahun dan mencapai 80% saat berumur 8 tahun dari total kecerdasan yang akan dicapai pada usia 18 tahun. Untuk anak 2-4 tahun, meliputi pengetahuan umum, mengenal konsep ukuran, bentuk dan pola, menerima dan mengungkapkan bahasa. Untuk usia lebih dari 4 tahun, meliputi pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna dan pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf, menerima dan mengungkapkan bahasa.
Download File Format